blog
blog Nih Akibat Berbahaya kalo kamu kurang tidur - SEO Spesialist
Kesehatan

Nih Akibat Berbahaya kalo kamu kurang tidur


Tulisan ini saya mention ke @lililililisss gak tau deh tuh huruf L sama I nya kebanyakan apa nggak. lebay sih tuh orang bikin user ID pake nama kembar dempet gitu biar huruf L sama I nya selalu hangat kalik yak dempetan teruss. Ok next news.biasa begadang buat kerja, ngerjain tugas kuliah, atau nonton drama Korea? Yah, begadang dan kurang tidur mungkin adalah makanan sehari-hari. Paling-paling kamu cuma bakal ngantuk di siang hari, nggak fokus, grogi, atau males-malesan, sampe fatalnya update status BBM hari ngantuk sedunia dan bilang kalo matanya ada yg naruhin lem. Lagian manenan lem di taruh dimata (-_-)” (ciri anak lebay) huehehe.  Tapi, apa kamu yakin kalau efek kurang tidur cuma itu-itu aja?

Menurut National Sleep Foundation (tongkrongan orang2 pinter), orang dewasa idealnya tidur antara 7-9 jam setiap malamnya. Nah, kalau kamu, biasa tidur berapa jam?

Kurang tidur dalam satu malam aja mungkin nggak akan berbahaya, tapi kalau udah seminggu? Atau, begadang justru udah jadi kebiasaan kamu selama bertahun-tahun? Ini lho, akibat berbahaya kalau kamu kurang tidur, guys!
  1. Kena Stroke

    Meskipun dianggap bukan efek pasti atau yang biasa terjadi, kurang tidur ternyata bisa mengakibatkan penyakit stroke. Menurut penelitian di tahun 2012, orang dewasa yang tidur kurang dari 6 jam punya resiko empat kali lebih besar terserang stroke daripada mereka yang cukup tidur.

  2. Obesitas alias kelebihan berat badan atau istilah kecenya MuTomMax – Muka Tomat Maximal

    Kurang tidur ternyata juga berpengaruh sama pola makan. Biasanya, orang yang kurang tidur bakal makan lebih banyak dan cenderung suka junk food. Hal ini udah dibuktikan dalam 18 penelitian di tahun 2012, bahwa pola makan dan pola tidur emang berkaitan.

    Kurang tidur berakibat pada perubahan hormon dalam tubuh. Produksi ghrelin (hormon yang menambah nafsu makan) bertambah, sementara produksi leptin (hormon yang mengontrol pola makan) berkurang. Nah, sekarang kamu tahu ‘kan kenapa kalau begadang malam-malam, bawaannya lapar?

  3. Resiko Diabetes

    Penelitian di 2012 membuktikan kalau kurang tidur bisa mempengaruhi insulin. Dengan kata lain, kurang tidur berakibat penyakit diabetes. Tapi kalo kamu udah manis kan yah mutom… masa iya kena ini? Jangan sampe ya Allah.. Amiin

    Hasil penelitian National Institute of Diabetes and Digestive and Kidney Diseases pada beberapa remaja menjelaskan kalau salah satu remaja yang paling sedikit tidur ternyata punya resistensi insulin tertinggi. Hal ini berarti bahwa tubuhnya nggak menggunakan insulin dengan efektif.

    Selain itu, terdapat sel lemak yang mengindikasi kalau kurang tidur mengakibatkan resistensi insulin pada sel-sel itu. Bahkan, ketika seseorang sedang diet atau membatasi asupan kalorinya sekalipun

  4. Daya ingat melemah

    Mungkin wajar kalau kamu gampang lupa atau nggak fokus ketika tubuh lagi lelah. Tapi, kurang tidur ternyata mengakibatkan penurunan daya ingat secara permanen. Makin sedikit kamu tidur, maka makin lemah kemampuan ingatanmu. Parahnya, kurang tidur berakibat kerusakan otak yang kemudian bisa berakibat hilang ingatan. Nah kan kamu sering bilang kalo kamu orangnya lupaan. Dah tanda – tanda tuh.. Tapi jangan pernah lupain aku yah 🙁

  5. Osteoporosis

    Para peneliti menemukan perubahan kepadatan mineral tulang dan sumsum pada tulang-tulang tikus yang kurang tidur selama 72 hari.

    Steven R. Goodman, Ph.D editor utama dari Experimental Biology and Medicine menjelaskan bahwa hasil yang sama mungkin terjadi pada manusia, bahwa ada kaitan antara kurang tidur dan osteoporosis.

  6. Berakibat Kanker

    Meskipun masih simpang siur, tapi penelitian terus berlanjut dan hasilnya rata-rata sama, bahwa kurang tidur berakibat pada jenis kanker tertentu. Dari 1240 orang yang diskrining kanker kolorektral, 338 diantaranya biasa tidur kurang dari 6 jam.

    Penelitian lanjutan juga menyebutkan bahwa polip adalah hal umum bagi mereka yang kurang tidur. Selain itu, resiko kanker payudara juga mengancam kamu yang hobi begadang. Jangan sampe yaah…

  7. Serangan Jantung

    Stres dan tegang karena kurang tidur juga mempengaruhi tubuh untuk menghasilkan zat kimia dan hormon yang bisa mengakibatkan serangan jantung. Menurut penelitian, resiko mereka yang kurang tidur adalah 48%.

  8. Kurang tidur = mati muda

    Percaya nggak percaya, orang-orang yang kurang tidur ternyata terindikasi mati muda, nih! Resikonya lebih besar daripada mereka yang tidur cukup, yaitu sekitar 6,5 – 7,5 jam setiap malam. Faktanya, pria yang tidur kurang dari 6 jam beresiko 4x lebih besar buat meninggal pada periode 14 tahun. Nah, lho! Mikir 2x nih mau ngerjain PR banyak di malam hari.

Well, meskipun resiko begadang atau kurang tidur emang lumayan serem, tapi kamu bisa kok mencegah semuanya. Kamu bisa mengontrol waktu tidurmu sendiri ‘kan? Coba deh belajar disiplin buat kesehatan diri sendiri. Biar bisa hidup lebih lama, yaah! Semangat..

NB : Mutom matanya udah ada dark circle. itu juga salah satu tanda – tanda orang kurang tidur.. Mirip kayak om yang satu ini

Udah pokoknya bisa ngatur sendiri lah waktu tidurnya. Jangan sampe begadang mulu. Situ kan badannya rapuh bener kek tembok kering yang habis kena embun. So.. Keep Healty & strong yaah.

Fendi W. Kurniawan

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Most Popular

Quis autem vel eum iure reprehenderit qui in ea voluptate velit esse quam nihil molestiae consequatur, vel illum qui dolorem?

Temporibus autem quibusdam et aut officiis debitis aut rerum necessitatibus saepe eveniet.

Copyright © 2015 Flex Mag Theme. Theme by MVP Themes, powered by Wordpress.

To Top